Pemerintah Izinkan Daerah Adakan Pembelajaran Tatap Muka

- 21 November 2020, 12:13 WIB
Pemerintah Daerah Diberikan Kebebasan Penuh Pembelajaran Tatap Muka Mulai Tahun Depan /pexels

JAKARTA, BOCIMIUPDATE - Pemerintah mengizinkan daerah mengadakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Izin ini diberikan setelah pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melakukan survei pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi.

Dikatakan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Agus Sartono, terdapat 646.192 satuan pendidikan dan lebih dari 68 juta peserta didik terdampak pandemi Covid-19.

Akibatnya, tidak sedikit peserta didik melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

Namun, menurut Agus, sistem pembelajaran jarak jauh ini memiliki hambatan dan tantangan yang bervariasi, terutama bagi sekolah-sekolah di daerah yang minim ketersediaan sarana dan prasarana.

Berbagai kendala lain seperti kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengelola pembelajaran berbasis virtual, hingga jangkauan internet yang belum merata mendorong adanya evaluasi pelaksanaan PJJ.

Merujuk dari itu semua, Agus, empat Kementerian, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri sepakat menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang pembelajaran di masa pandemi.

Sebagaimana diberitakan Portal Jember.com sebelumnya dalam artikel Pemerintah Izinkan Sekolah Tatap Muka, Kemenko PMK: Pendidikan Saat Pandemi Butuh Sinergi Bersama, surat yang ditandatangani pada, Jumat 20 November 2020  ini menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan dalam situasi darurat seperti saat ini.

"Pemerintah menyadari keputusan pembelajaran di rumah merupakan keputusan yang sulit, tetapi harus diambil akibat adanya pandemi Covid-19 ini,”

Halaman:

Editor: Diki Wahyudi

Sumber: Portal Jember


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X